Metodelogi Penelitian
Fakta
Dalam pembelajaran IPA di SD/MI pada meteri “sifat-sifat benda”
seringkali guru hanya menerangkan materi yang diajarkan dengan cara menggunakan
metode ceramah, siswa hanya dituntut untuk membaca materi-materi yang ada dan
menghafal materi tersebut, seringkali tujuan dari pengajaran yang diberikan
oleh guru kepada siswa hanya supaya siswa bisa mengerjakan soal diakhir materi
pembelajaran. Pembelajaran IPA dalam materi “sifat-sifat benda” sebenarnya
membutuhkan banyak kegiatan praktik atau pengamatan secara langsung, tetapi di
SD/MI kegiatan praktik atau pengamatan tersebut hanya diberikan sedikit sekali
terkadang juga tidak diberikan, sehingga beberapa siswa sering mendapatkan
kesulitan dalam pemahaman konsep, keterampilan dan yang lebih penting lagi siswa
kurang bisa mengaplikasikan apa yang telah dipelajari terhadap kehidupan
sehari-hari, hal tersebut banyak menimbulkan masalah bagi siswa karena IPA
merupakan pelajaran yang mempelajari tentang lingkungan sekitar dalam kehidupan
sehari-hari, jadi diharapkan siswa dalam menerima pelajaran tersebut dapat juga
mengaplikasikan dalam kehidupan
sehari-hari.
Harapan
/ yang seharusnya dilakukan
Yang seharusnya dapat dilakukan oleh seorang guru dalam
pembelajaran IPA pada materi “sifat-sifat benda” ialah guru sebaiknya
memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun dan menemukan konsep objek
melalui serangkaian kegiatan yang berulang. Sehingga siswa dapat mengalami
sendiri proses perolehan konsep sampai
siswa dapat mengaplikasikan dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Judul
“Peningkatan Hasil Belajar Siswa MI Kelas Tiga Pada Materi
Sifat-Sifat Benda Dengan Menggunakan Model Pembelajran Siklus Belajar”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar