Selasa, 06 November 2012

Tugas Metodelogi Penelitian


Metodelogi Penelitian

*      Fakta

Dalam pembelajaran IPA di SD/MI pada meteri “sifat-sifat benda” seringkali guru hanya menerangkan materi yang diajarkan dengan cara menggunakan metode ceramah, siswa hanya dituntut untuk membaca materi-materi yang ada dan menghafal materi tersebut, seringkali tujuan dari pengajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa hanya supaya siswa bisa mengerjakan soal diakhir materi pembelajaran. Pembelajaran IPA dalam materi “sifat-sifat benda” sebenarnya membutuhkan banyak kegiatan praktik atau pengamatan secara langsung, tetapi di SD/MI kegiatan praktik atau pengamatan tersebut hanya diberikan sedikit sekali terkadang juga tidak diberikan, sehingga beberapa siswa sering mendapatkan kesulitan dalam pemahaman konsep, keterampilan dan yang lebih penting lagi siswa kurang bisa mengaplikasikan apa yang telah dipelajari terhadap kehidupan sehari-hari, hal tersebut banyak menimbulkan masalah bagi siswa karena IPA merupakan pelajaran yang mempelajari tentang lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari, jadi diharapkan siswa dalam menerima pelajaran tersebut dapat juga  mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

*      Harapan / yang seharusnya dilakukan
Yang seharusnya dapat dilakukan oleh seorang guru dalam pembelajaran IPA pada materi “sifat-sifat benda” ialah guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun dan menemukan konsep objek melalui serangkaian kegiatan yang berulang. Sehingga siswa dapat mengalami sendiri proses perolehan konsep sampai  siswa dapat mengaplikasikan dalam konteks kehidupan sehari-hari.

*      Judul
“Peningkatan Hasil Belajar Siswa MI Kelas Tiga Pada Materi Sifat-Sifat Benda Dengan Menggunakan Model Pembelajran Siklus Belajar”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar